Home Keluarga Menjaga Mood Saat Hamil Agar Tetap Positif

Menjaga Mood Saat Hamil Agar Tetap Positif

14
0
SHARE

Seperti yang sudah Ibu ketahui, menjaga mood agar tetap stabil dan positif saat sedang hamil memang sangat sulit. Ibu seringkali merasa worthless, merasa sendirian, dan bahkan bisa saja merasa depresi. Untuk menghindarinya, Ibu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari rajin berolahraga hingga mengonsumsi makanan yang bergizi. Jangan lupa pula untuk minum susu atau Susu UHT Untuk Ibu Hamil yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Menjaga mood selama kehamilan
Menjaga mood selama kehamilan, cr: google

Nah, beberapa kegiatan yang bisa Ibu coba untuk menjaga mood di antaranya adalah:

  1. Olahraga teratur. Meski sedang hamil, Ibu juga harus tetap menjaga waktu olahraga harian, lho. Sebab olahraga bisa membantu mengeluarkan hormon endorfin yang membuat Ibu lebih bahagia dan bersemangat. Tentunya, aktivitas olahraga yang digunakan tidak perlu yang berlebihan. Pilihlah olahraga yang sederhana, seperti berjalan kaki atau yoga yang tidak membahayakan kehamilan.
  2. Waktu untuk bersantai. Saat sedang hamil, Ibu terlalu terfokus pada kandungan sehingga seringkali melupakan diri sendiri. Ibu juga perlu waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal yang Ibu suka. Misalnya menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, atau bahkan pergi ke salon. Nah, sisihkan waktu sebentar untuk Ibu melakukan me time setiap Hal ini membantu Ibu untuk tetap positif seharian.
  3. Lingkungan yang positif. Libatkan diri Ibu pada lingkungan yang positif dan membuat Ibu senang. Hindari lingkungan yang membawa dampak negatif, membuat Ibu berpikir yang tidak-tidak. Lingkungan yang positif akan membuat Ibu tenang dan tanpa disadari akan memengaruhi bagaimana Ibu melihat suatu kondisi.
  4. Konsumsi makanan bergizi. Hindari konsumsi junk food dan beralihlah ke makanan yang sehat dan mengandung nutrisi untuk ibu hamil. Junk food memang enak, tapi tidak baik untuk kesehatan Ibu dan kandungan. Penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang terbiasa mengonsumsi junk food akan menghadapi risiko bayi prematur sebanyak 50%.
  5. Menerima perubahan dalam tubuh dengan tenang. Selama kehamilan, tentunya ada banyak yang berubah pada diri Ibu. Mulai dari berat badan yang bertambah, perut yang membesar, punggung yang sering terasa nyeri, dan lain sebagainya. Apalagi ketika memeriksakan kehamilan ke dokter dan menemukan bahwa ternyata ada 2 kehamilan namun bukan kembar dalam janin Ibu. Beberapa ibu menanggapi kondisi ini dengan perasaan semakin gelisah dan banyak pikiran, padahal seharusnya tidak seperti itu. Sebab kondisi ini masih normal selama tidak terdeteksi adanya masalah. Jadi, hadapi dengan tenang saja dan jangan panik.

Itu dia beberapa cara yang bisa membantu Ibu menjaga mood saat hamil. Tetap berpikir positif ya, Bu. Sebab pikiran yang positif akan membuat Ibu lebih tenang dalam menjalani fase kehamilan. Semoga membantu. (TR)

LEAVE A REPLY